Kamis, 02 Oktober 2008

Perkembangan Islam di Kawasan Industri Batamindo (KIB)

SEIRING perkembangan di KIB dan sekitarnya tentu membawa dampak tersendiri. Diharapkan membawa perubahan yang lebih baik. Keberadaan Masjid Nurul Islam dan Masjid Nurul Iman di pusat industri setidaknya membawa arah yang lebih baik bagi perkembangan Islam. Apalagi derasnya kemajuan dan budaya yang terus menyerang. Rata-rata pekerja yang mayoritas perempuan sangatlah rentan dengan segala budaya dan kebiasaan baru yang menjauhkan diri dari ajaran Islam.

Kondisi yang tidak menguntungkan bisa saja dimanfaatkan oleh oknum untuk mengeruk keuntungan dan hal itu sangat tidak manusiawi seperti penjualan dan perdagangan wanita, Letak pulau Batam yang berdekatan dengan negeri jiran Malaysia dan Singapura memudahkan terjadinya interaksi yang lebih terbuka. Namun dampaknyapun tentu ada dalam kurun waktu lima tahun pembangunan terlihat di beberapa wilayah di Batam. Dan tercipta iklim Investasi di Batam. Selama kondisi keamanan dan kepastian hukum tetap terjaga tentu para investor tetap berminat menginvestasikan dananya. 

Selain para pekerja yang ada, warga sekitar Muka Kuning juga dapat mengikuti kegiatan yang ada di Masjid Nurul Islam. Seperti warga yang ada di simpang dam Muka Kuning, Batu Aji dan sekitarnya.

Pembangunan pusat perbelanjaan yang ada tidak mengganggu para pekerja dan jamaah yang ada.Tinggal saja jamaah yang akan memilih. Tentu kita harus memberikan yang terbaik dengan mengemas beberapa kegiatan agar lebih semarak. 

Badan Pengelola Masjid Kawasan Industri Batamindo (BPMKIB) memiliki Visi dan Misi dalam menjalankan tugasnya namun tanpa didukung dengan kesadaran bekerja adalah pengabdian kepada Allah akan sulit dilaksanakan. Berikut ini Visi dan Misi yang disepakati.

Visi

·        Membangun dan mengembangkan dakwah Islam berbasis kerukunan dan kebersamaan.

Misi

·      Menjadi sentral kegiatan dakwah Islam dalam berbagai sendi kehidupan, baik ibadah maupun muamalah terutama di KIB

·        Menjadi wadah bagi penyelenggaraan kegiatan dakwah Islam di KIB

·        Menjadi motivator bagi tumbuh dan berkembangnya majelis ta'lim perusahaan di KIB

·     Menjalin interaksi sosial dengan kelompok atau elemen masyarakat di atas        landasan semangat kerukunan dan kebersamaan. 

Unit-unit usaha yang ada di Masjid Nurul Islam dan Masjid Nurul Iman tergabung dalam Grup Nurul Islam. Dan Grup Nurul Islam ini alhamdulillah memiliki semangat tinggi dalam memajukan ekonomi Islam dan juga perkembangan yang ada.

Tidak ada komentar: